PERBAIKAN METODE PENANGKAPAN PURSE SEINER DENGAN KOMBINASI FILTERING DAN ATRACTION-REPULSION

Oleh :
MUSLIM TADJUDDAH

Pendahuluan
Saat ini pengoperasian alat tangkap purse seine yang dikombinasikan dengan rumpon (FAD) dan lampu/cahaya (Light fishing) biasa disebut dengan purse seine type Philiphina. Purse seiner ini direncanakan dioperasikan di laut dalam, tidak berkarang di sekitar perairan Samudra Indonesia.
Menurut Baskoro,2005, menyatakan penggunaan rumpon laut dalam di wilayah Indonesia bagian barat atau Samudra Indonesia dapat dikatakan belum ada dengan tingkat pengusahaan perikanan pelagis yang masih rendah sehingga peningkatan usaha masih dapat dikembangkan
Tulisan ini bertujuan untuk memperbaiki metode penangkapan ikan pada alat tangkap puse seine dengan alat bantu rumpon dan lampu dengan memanfaatkan ketertarikan ikan pada cahaya.

Permasalahan Dalam Pengoperasian Purse Seine
Menurut Baskoro dan Effendy (2005) sampai saat ini dilapangan masih terjadi Permasalahan an-efisiensi sehubungan dengan pengoperasian alat tangkap purse seine, yaitu antara lain :
a.Terjadi penyelamatan diri ikan sebelum selesai setting
b.Terjadi penyelamatan diri ikan setelah selesai setting,
c.Terjadi penyelamatan diri ikan melalui celah terbuka pada saat hauling
d.Terjadi penyelamatan diri ikan melalui tali pelampung pada saat hauling.
Dari hasil identifikasi permasalahan diatas terlihat bahwa masih sangat sulit membuat ikan terkonsentrasi pada alat tangkap sehingga ikan masih dapat membuat gerakan menghindar (Avoid) dan menyebar (Disperse) pada saat melakukan setting ataupun hauling.

Dasar Teori
1. Cahaya digunakan untuk menarik dan mengkonsentrasikan kawanan ikan pada catchable area yang selanjutnya dengan alat tertentu dilakukan penangkapan.
2. Berdasarkan fungsinya lampu dapat dibedakan atas dua jenis yaitu, lampu penarik ikan dan lampu yang digunakan untuk mengkonsentrasikan ikan-ikan yang telah tertarik pada cahaya lampu.
3. Cahaya yang dapat diterima dalam penangkapan memiliki panjang gelombang pada interval 400-750 mµ (Mitsugi,1974, Nikonorov,1975)
4. Cahaya biru dapat menembus jauh ke dalam perairan daripada warna lainnya hal ini disebabkan karena cahaya biru sangat sedikit diabsorbsi oleh air sehingga penetrasinya ke dalam perairan sangat tinggi. Sehingga dalam penerapannya cahaya biru dapat digunakan untuk menarik ikan dari jarak yang jauh baik secara vertikal maupun horisontal.
5. Untuk mengkonsentrasikan ikan ke Catchable area digunakan warna merah atau kuning karena daya tembusnya rendah.
6. Ben-Yami (1976) mengemukakan bahwa cahaya biru dan hijau paling dalam menembus lapisan air, sementara cahaya merah dan ungu akan terabsorbsi oleh air hanya beberapa meter (2-3 m) setelah menembus permukaan laut.
7. Kuroki vide Gunarso,(1985) warna cahaya yang paling efektif untuk mengumpulkan ikan adalah cahaya biru dan orange.

Prinsip Dasar Penangkapan Ikan Dengan Light Fishing

Ayodhyoa,1981 menyatakan bahwa tertariknya ikan pada cahaya sering disebutkan karena terjadinya peristiwa fototaksis, dimana cahaya merangsang dan menarik ikan untuk berkumpul pada sumber cahaya atau biasa pula karena rangsangan cahaya (stimulus) maka kemudian ikan akan memberikan respons.

Metode Perbaikan Pengoperasian Purse Seiner Dengan Alat Bantu Rumpon Dan Light Fishing

Prosedur :
1.) Pada saat selesai setting segera nyalakan lampu cahaya biru dengan intensitas cahaya tertentu yang berfungsi untuk menarik ikan baik secara vertikal maupun horisontal. Dengan perlakuan ini ikan target diharapkan telah terkonsentrasi pada catchable area. Seperti terlihat pada gambar 1.

2.) Setelah ikan target dianggap telah terkonsentrasi (schooling) pada catchable area, lampu dengan cahaya biru dipadamkan segera menggantikannya dengan lampu cahaya kuning agar ikan target semakin terkonsentrasi dan yang berada diluar catcahbale area diharapkan segera merapat( terjadi schooling yang padat dan rapat). Seperti terlihat pada gambar 2.

Pada perbaikan metode penangkapan dengan purse seiner selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang ketajaman penglihatan (Visual Acuity) dan kecepatan renang (Swimming speed) dari ikan target untuk menentukan arah, posisi alat tangkap dan kecepatan tarikan tali kolor.

DAFTAR PUSTAKA

Baskoro, SM, A.Suherman.2007. Teknologi Penangkapan Ikan Dengan Cahaya. Badan Penerbit UNDIP-Semarang. Bogor.

Baskoro.SM, A. Effendy. 2005. Tingkah Laku Ikan. Hubungannya Dengan Metode Pengoperasian Alat Tangkap Ikan. Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.Bogor

Ben-yami,1987.Fishing With Light. Published by Arrangement With The Agriculture Organisation of The United Nation by Fishing News Books Ltd.Farham,Surrey.England

Nikonorov, I.V. 1975. Interaction of Fishing Gear With Fish Aggregations. Keter Publishing House Jerisalem Ltd. Israel Program From Scientific Translations, Jerusalem

Sulaiman.2006. Pendekatan Akustik dalam Studi Tingkah Laku Ikan pada proses Penangkapan dengan Alat Bantu Cahaya.(Tidak di Publikasikan,Thesis). Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor

Sudirman, 2003. Analisis Tingkah Laku Ikan untuk Mewujudkan teknologi Ramah Lingkungan Dalam Proses Penangkapan pada bagan Rambo (Tidak di Publikasikan.Disertasi) Program Pasca sarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor

Yusfiandayani, R. 2004. Studi tentang Mekanisme Berkumpulnya Ikan Pelagis Kecil di Sekitar Rumpon dan Pengembagan Perikanan di Perairan Provinsi Banten.

2 Tanggapan to “PERBAIKAN METODE PENANGKAPAN PURSE SEINER DENGAN KOMBINASI FILTERING DAN ATRACTION-REPULSION”

  1. tadjuddahmuslim Says:

    kalo busa tulisan ini disertau dengan gambarnya
    .Trims

  2. tadjuddahmuslim Says:

    Saya sangat mengapreciate tulisan ini, mohon untuk memperbanyak lagi tulisan tentang alat tangkap.
    Trims.

    Hendra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: